11 September 2019 10:21:44
Ditulis oleh SEKRETARIS DESA

Limbah Bernilai Tinggi di Bursa Inovasi Desa

ngimbang-palang.desa.id - Pada hari rabu , 4 September 2019 komunitas pendamping desa se kabupaten Tuban mengadakan sebuah kegiatan bertajuk “BURSA INOVASI DESA” yang bertujuan untuk menggali potensi dari seluruh desa yang ada di kabupaten Tuban. Kegiatan ini sendiri di adakan di gedung Graha Sandya yang ada dikawasan kompleks Perumahan Semen Gresik Merakurak. Acara ini mendapat antusias yang luar biasa dari berbagai desa yang ada di seluruh kabupaten Tuban. Perwakilan dari setiap desa menunjukan hasil produk dari BUMDES mereka masing-masing.

Produk-produk yang disuguhkan dalam acara ini merupakan produk unggulan yang dimiliki oleh setiap desa.  Salah satunya adalah produk unggulan dari desa Ngimbang Kecamatan Palang. Pada acara Bursa Inovasi desa tersebut desa Ngimbang menyuguhkan Produk unggulan mereka yang di branding dengan nama “Ntut Crispy” dan “Bringgol”.  Salah satu anggota komunitas Yuk Berbisnis Tuban menuturkan “produk ini bagus, tinggal nanti menyusun konsep marketing yang bagus agar produk ini bisa dikenal lebih luas oleh masyarakat”. Selain itu, produk ini juga mendapatkan komentar yang positif dari Bapak Bupati Tuban yaitu Bapak H. Fathul Huda. Beliau menuturkan bahwa beliau sangat mengapresiasi hasil produk dari desa Ngimbang yang notabene merupakan produk unggulan dari hasil limbah yang bisa dirubah menjadi sebuah komoditas bernilai ekonomis. 

Produk ungulan dari Desa Ngimbang tersebut merupakan produk yang berasal dari limbah bonngol jagung dan jantung pisang yang banyak terdapat di Desa Ngimbang. Melalui kerjasama dengan KKN PM Unirow 2019, Pemerintah Desa Ngimbang berupaya untuk merubah dua masalah tersebut agar bisa menjadi sebuah produk unggulan dari Desa Ngimbang yang dapat mengangkat perekonomian warga.  Melalui kerjasama tersebut, Tim KKN PM Unirow 2019 merubah bonggol jagung menjadi briket yang ramah lingkungan dengan harga yang merakyat. Sedangkan jantung pisang sendiri, diolah menjadi produk makanan ringan dan abon jantung pisang. (KKN_PM2019)



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus