02 Mei 2019 11:34:39
Ditulis oleh DESA NGIMBANG

MENGINTIP TRADISI MANGANAN DAN SEDEKAH BUMI

Ngimbang-palang.desa.id - Manganan adalah salah satu tradisi yang ada di Tuban, Jawa Timur setiap tahunnya. Jika dilihat sekilas, tradisi ini terlihat seperti sarapan bersama di area pemakaman atau kuburan. Namun sebenarnya dalam tradisi ini terdapat unsur kekeluargaan, spiritual, dan kepercayaan masyarakat dalam proses acaranya,yang mana dulunya warga Desa Ngimbang sangatlah fanatik dengan kata-kata manganan sehingga warga banyak yang berbondong-bondong kemakam njobo membawa makanan alias BERKAT lalu dimakan bersama-sama tapi sekarang tahun ke tahun berganti warga desa Ngimbang sudah mulai sedikit untuk mengikuti acara manganan tersebut.

Tapi baru saja kemaren tanggal 29 April 2019,warga desa ngimbang memperingati manganan yakni dengan hiburan LANGEN TAYUB yakni Nyi Mira, Nyi Pipit dan Nyi Rumiati.

Manganan dilakukan setiap tahun diadakan oleh orang-orang yang suka pada acara manganan tsb.Contohnya Desa Ngimbang, pada Hari Senin Malam Selasa acaranya berada di Lapangan Desa Ngimbang dan malamnya berganti dirumahnya warga tengah.

Masyarakat sangat antusias akan acara ini. Sehari sebelum manganan mereka sibuk mempersiapkan makanan yang akan dibawa dan tempat untuk acara. Pada malam harinya, mereka akan memasang lampu disekitar acara untuk menandakan bahwa acaranya akan berlangsung disana.Makanan yang dibawa diletakan di atas alas daun pisang. Macam-macam makanan yang ada namun umumnya seperti makanan hajatan dan kue-kue khas jawa timur seperti rengginang, apem, dan ketan.

“SEMOGA DENGAN UCAPAN SYUKUR YANG DIUNGKAPKAN OLEH WARGA DESA NGIMBANG AKAN MEMBERIKAN KESEJAHTERAAN WARGA NGIMBANG KHUSUSNYA DAN SEMUANYA SAJA UMUMNYA”(AR_Ng)


image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus